Waspadai Benjolan Pada Payudara

Waspadai Benjolan Pada Payudara – Terdapat benjolan pada payudara tentunya menimbulkan rasa khawatir karena mengingat bahwa benjolan yang terdapat pada payudara merupakan salah satu gejala awal kanker payudara. Padahal, kita belum mengetahui sepenuhnya apakah benjolan tersebut termasuk gejala awal kanker payudara atau bukan. Namun, kita juga perlu Waspadai Benjolan Pada Payudara tersebut.

Waspadai Benjolan Pada Payudara

Waspadai Benjolan Pada Payudara

Perlu untuk anda ketahui,  Jika terdapat benjolan pada payudara sebaiknya memeriksakan terlebih dahulu untuk mengetahui lebih pasti mengenai benjolan tersebut. Penelitian menunjukan, bahwa 80% kasus benjolan yang terdapat pada payudara bukanlah kanker. Namun, meski bukan termasuk kanker hal tersebut juga tidak boleh dibiarkan.

Benjolan-benjolan yang terdapat pada payudara yang bersifat non kanker juga perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut agar memastikan bahwa tidak dapat menimbulkan efek yang membahayakan. Namun, anda juga harus mewaspadai jika terdapat benjolan yang menunjukan beberapa gejala kanker payudara. Hal tersebut wajib diwaspadai dan segera melakukan cara mengobati benjolan payudara.

Dan anda juga perlu mengetahui jenis benjolan payudara yang bersifat non kanker.

Jenis-Jenis Benjolan Payudara Yang Bersifat Nonkanker 

  • Kista Payudara
    Kista Payudara adalah benjolan yang memiliki bentuk bulat atau lonjong yang terdapat cairan didalamnya yang tumbuh pada jaringan payudara. Benjolan tersebut tumbuh pada jaringan payudara dan terasa lunak,sehingga tidak bersifat kanker atau tidak bersifat jinak.Kista tersebut dapat tumbuh pada salah satu payudara atau keduanya. Meski tidak termasuk jenis kista berbahaya, namun hal tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja.
  • Payudara fibrokistik
    Payudara fibrokistik merupakan tumor jinak (bukan kanker) yang tumbuh pada kelenjar susu wanita yang menyebabkna tumbuhnya jaringan kista payudara yang berisi cairan didalamnya.
  • Infeksi Payudara
    Infeksi pada payudara  atau biasa dikenal dengan mastitis ini merupakan kondisi yang sering dialami oleh ibu menyusui, kondisi ini menyebabkan tumbuhnya benjolan pada payudara yang menimbulkan rasa nyeri terutama pada saat terkena sentuhan, hal ini sangat menganggu aktivitas untuk menyusui si bayi.
  • Fibroadenoma
    Salah satu tumor jinak yang paling umum terjadi yaitu Fibroadenoma, Tumor ini dapat tumbuh dengan bentuk bulat, kenyal serta memiliki permukaan yang halus. Tumor tersebur tumbuh tanpa menimbulkan rasa sakit, namun jika ditekan dapat bergeser. Meski tidak menimbulkan bahaya, namun Fibroadenoma juga harus diwaspadai sejak dini karena penyakit yang satu ini mampu menyerang wanita berusia 15-35 tahun. 
  • Intraductal papilloma
    Intraductal papilloma merupakan suatu tumor jinak atau non kanker yang dapat tumbuh pada kelenjar susu. Tumor ini dapat tumbuh dengan ukuran yang cukup besar yang terletak dengan dekat pada puting. Intraductal papilloma lebih sering menyerang wanita yang berusia 35-55 tahun. 

Itulah beberapa informasi mengenai Waspadai Benjolan Pada Payudara yang harus anda ketahui, semoga dengan informasi ini dapat menambah pengetahuan anda. 

Sekian & terimakasih 

-Waspadai Benjolan Pada Payudara-

One thought to “Waspadai Benjolan Pada Payudara”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *