Penyebab Benjolan Keras Pada Payudara Tapi Tidak Sakit

Penyebab Benjolan Keras – Adanya benjolan pada payudara merupakan suatu pertanda gelaja adanya penyakit yang serius. Namun hal tersebut bisa dikatakan adanya gejala penyakit yang serius, jika benjolan tersebut sudah melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan lebih lanjut perlu dilakukan, karena untuk memastikan bahwa benjolan tersebut bahaya atau tidaknya.

Informasi yang dibutuhkan : Benjolan payudara disebelah kiri disertai dengan rasa sakit | Benjolan payudara sebelah kanan tapi tidak terasa nyeri 

Meski tidak semua benjolan pada payudara dikatakan kanker, Namun jika ada benjolan yang tumbuh pada payudara wajib untuk anda waspadai. Kemungkinan besar benjolan yang tumbuh pada payudara merupakan suatu pertanda adanya penyakit yang berbahaya.

Penyebab Benjolan Keras Pada Payudara Tapi Tidak Sakit

Penyebab Benjolan Keras

Perlu untuk anda ketahui, munculnya benjolan pada payudara ada dua kemungkinan penyebabnya, yaitu kanker ( berbahaya ) dan non kanker ( Tidak berbahaya). Namun, banyak wanita yang merasa takut apabila terdapat benjolan pada payudara, karena benjolan pada payudara bisa dikaitkan dengan penyakit kanker.

Padahal, sebagian kasus besar adanya benjolan pada payudara bukanlah disebabkan oleh kanker. Seperti halnya penyebab benjolan keras pada payudara tapi tidak sakit, hal itu bisa saja timbul karena bukan kanker. Oleh karena itu, kita harus mengetahui penyebab benjolan payudara yang bukan kanker dan non kanker. Adapun beberapa penyebab benjolan payudara yang bukan kanker yang sering ditemukan pada wanita. 

  • Kista Payudara 
    Kista merupakan kantong yang berisi cairan kental yang tumbuh pada jaringan payudara, yang menyebabkan adanya benjolan yang terasa lunak saat diraba. Kista yang tumbuh dengan ukuran yang kecil biasanya tidak akan meimbulkan keluhan-keluhan lainnya. Namun, jika kista tumbuh dengan ukuran yang cukup besar akan menimbulkan gejala-gejala yang baru. 
  • Mastitis 
    Mastitis merupakan kondisi yang sering dialami oleh ibu menyusui. Mastitis terjadi karena adanya infeksi bakteri yang berasal dari permukaan kulit atau mulut bayi. Tidak hanya disebabkan oleh infeksi bakteri saja, mastitis juga bisa disebabkan karena aliran susu yang tersumbat, sehingga terjadi mastitis. 
  • Fibroadenoma mammae
    Merupakan penyebab yang menimbulkan benjolan keras pada payudara. Biasanya hal ini sering terjadi pada wanita 20-30 tahun. Munculnya benjolan bisa diakibatkan kelebihan pembentukan kelenjar susu serta jaringan pada sekitar payudara. Biasanya benjolan ini bersifat keras, tidak sakit dan bergeser saat ditekan. 
  • Fibrokistik 
    Benjolan yang sering muncul pada payudara yang disebabkan karena ketidakstabilan hormon yang terjadi pada saat menstruasi. Biasanya benjolan ini muncul disertai dengan nyeri. 

Timbulnya benjolan pada payudara bisa saja disebabkan karena adanya gejala kanker payudara yang diakibatkan karena adanya pertumbuhan sel abnormal, sehingga membentuk benjolan keras pada payudara. 

Selain benjolan keras dipayudara, kanker payudara juga bisa memberikan perubahan lain pada payudara antara lain dengan ciri-ciri : 

  • Benjolan tidak terasa sakit 
  • Benjolan tidak bergeser saat ditekan 
  • Ukuran dan bentuk payudara berubah
  • Bagian puting payudara tertarik kedalam 
  • Mengeluarkan cairan seperti darah 
  • Munculnya ruam atau kemerahan pada sekitar puting payudara 
  • Terjadinya penebalan pada kulit area payudara. 

Jika menemukan benjolan keras yang disertai kondisi seperti diatas, maka harus diwaspadai. Dan perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab adanya benjolan tersebut. 

Demikianlah informasi ini kami bagikan untuk anda, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak halaman kami. Sampai jumpa. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *