Jenis Benjolan Payudara Yang Bukan Kanker

Jenis Benjolan Payudara Yang Bukan Kanker – Terdapat benjolan pada payudara ? tentu saja hal tersebut sangat menakutkan bagi wanita, Karena pada dasarnya benjolan pada payudara adalah tanda awal dari kanker payudara. Namun, perlu anda ketahui tidak semua jenis benjolan pada payudara dikaitkan dengan kanker payudara. Untuk memastikan hal tersebut kanker atau bukannya, sebaiknya melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah benjolan tesebut kanker atau bukan. 

Jenis Benjolan Payudara Yang Bukan Kanker

Jenis Benjolan Payudara Yang Bukan Kanker

Penyebab Munculnya benjolan pada payudara juga bisa berupa tumor jinak yang cenderung tidak berbahaya. Pada saat melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) dan menemukan benjolan, maka perlu diperhatikan beberapa ciri benjolan pada kelainan payudara dibawah ini : 

*Kelainan Fibrokistik*

Kebanyakan benjolan pada payudara merupakan fibrosis atau kista yang merupakan perubahan abnormal pada jaringan payudara dan tidak berifat ganas atau non kanker. Perubahan ini biasa disebut dengan perubahan payudara fibrokistik dan biasanya terdeteksi karena adanya benjolan pada payudara. Perubahan tersebut biasanya menimbulkan rasa sakit atau bahkan bengkak pada payudara. 

Benjolan yang terasa pada payudara mungkin lebih dari satu, dan terkadang mengeluarkan cairan berwarna keruh dari puting. Keadaan ini cenderung dialami oleh wanita yang berusia produktif dan dapat terjadi pada salah satu payudara atau kedua payudara tersebut. 

*Fibrosis*

Jaringan ini hampir mirip dengan jaringan luka. Jika diraba, fibrosis pada payudara dapat terasa kenyal, padat, serta keras. Kelainan ini biasanya tidak akan menyebabkan kanker payudara. Pemelitian terkait meningkatnya risiko kanker payudara pada mereka yang menderita kelainan fibrokistik. 

ada yang menyatakan bahwa Kelainan pada fibrokistik dapat meningkatkan risiko kanker payudara dikemuadian hari, Namun ada juga yang menyatakan bahwa memiliki kelainan fibrokistik tidak akan meningkatkan risiko kanker payudara. 

*Kista*

Kista merupakan kantung yang berisi cairan  yang dimana dapat terdeteksi setelah kista tersebut tumbuh dengan ukuran membesar atau biasa disebut dengan Kista Makro. Kista tersebut dapat membesar dan menjadi lunak ketika mendekati masa menstruasi, dan kista tersebut juga dapat tumbuh dengan memiliki bentuk bulat atau bahkan lonjong sehingga mudah untuk digerakan dan berpindah-pindah ketika disentuh. 

Baca juga : Obat kista payudara 

*Fibroademo*

Fibroademo merupakan salah satu jenis tumor jinak yang sangat sering dialami oleh hampir semua wanita. Apabila digerakan, benjolan tersebut berpindah-pindah tempat, Namun jika benjolan tersebut ditekan maka benjolan tersebut akan terasa padat serta kenyal. 

Fibroademo lebnih sering diserita oleh wanita yang berusia 20-30 tahun. Ras afrika-amerika lebih cenderung memiliki risiko tinggi untuk mengalami Fibroademo. Meski Fibroademo tidak akan berkembang menjadi kanker, Namun hal tersebut juga perlu di waspadai benjolan pada payudara, karena kemungkinan besar suatu hari nanti Fibroademo benjolan pada payudara tersebut dapat berisiko kanker. 

*Intraductal papilloma*

Intraductal papilloma merupakan tumor jinak, Non kanker yang tumbuh dekat dengan puting susu atau kelenjar susu. 

Demikinlah informasi mengenai Jenis Benjolan Payudara Yang Bukan Kanker yang dapat kami bagikan untuk anda, semoga bermanfaat. 

One thought to “Jenis Benjolan Payudara Yang Bukan Kanker”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *