Ciri Benjolan Payudara Yang Tidak Berbahaya

Ciri Benjolan Payudara – Adanya benjolan pada payudara merupakan tanda adanya kondisi yang serius. Kebanayakan wanita merasa takut akan adanya benjolan yang terdapat pada payudara kanan maupun kiri. Karena pada dasarnya, adanya benjolan pada payudara merupakan adanya kanker dalam tubuh kita. Namun, perlu untuk anda ketahui, tidak semua benjolan yang ada pada payudara semua berbahaya.

Ciri Benjolan Payudara

Bahkan sebagian besar, adanya benjolan pada payudara merupakan jenis benjolan yang bukan kanker, melainkan disebabkan oleh tumor jinak payudara. Namun, ada beberapa yang menimbulkan benjolan pada payudara selain kanker : 

  • Fibroadenoma ( FAM )
    Fibroadenoma mammae ( FAM ) Merupakan tumor jinak yang berbentuk benjolan yang sering dialami oleh wanita. Benjolan ini biasanya akan bergeser apabila mendapatkan tekanan. Umumnya, kondisi ini dapat dirasakan oleh wanita usia 20 tahun sampai 30 tahun. Meski tidak menyakitkan dan mematikan, namun kondisi ini harus tetap diwaspadai. 
  • Kelainan Fibrokistik 
    Kelainan Fibrokistik merupakan suatu kondisi dimana mengalami perubahan pada payudara secara abnormal namun tidak bersifat ganas ( Non-kanker). Biasanay kondisi ini dapat terjadi pada saat wanita sedang memasuki masa periode menstruasi yang disertai dengan kemunculan benjoaln pada payudara yang disertai dengan rasa sakit pada bagian payudara dan pembengkakan pada payudara. 
  • Kista
    Kista merupakan kantung yang berisi cairan yang bersifat jinak dan tidak terlalu berbahaya. Biasanya kista ini tumbuh dengan bentuk yang buat serta lonjong dan juga mudah untuk digerakan jika disentuh. 
  • Intraductal papilloma
    Intraductal papilloma merupakan Pertumbuhan tumor jinak yang terbentuk pada kelenjar susu yang ditandai dengan timbulnya benjolan besar yang tumbuh dekat puting payudara wanita atau beberapa benjolan kecil yang jauh dari puting.

Ciri Benjolan Payudara Yang Tidak Berbahaya

Adapun beberapa ciri benjolan payudara yang tidak berbahaya seperti : 

  • Mudah bergerak atau bergeser jika disentuh 
  • Memiliki bentuk oval atau bulat (biasanya terasa seperti kelereng)
  • Pertumbuhan yang sangat lambat 
  • Kemungkinan akan terasa sakit bahkan tidak 
  • Aktivitas cenderung mengikuti siklus menstruasi
  • Memiliki batas yang jelas 

Meski begitu, anda tetap harus waspada dan tetap harus melakukan tindakan pengobatan yang serius. Jika tidak segera dilakukan pengobatan. 

One thought to “Ciri Benjolan Payudara Yang Tidak Berbahaya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *