Penyebab Benjolan Payudara Saat Menyusui

Benjolan Payudara Saat Menyusui – Terdapat benjolan pada saat menyusui ? jangan khawatir, karena benjolan dipayudara tidak selalu kanker. Namun, hal tersebut tetap harus anda waspadai dan tidak boleh disepelekan, dan tetap perlu melakukan penanganan yang baik dan pengobatan yang baik. 

Penyebab Benjolan Pada Payudara Saat Menyusui

Benjolan pada payudara tentunya sangat menakutkan pagi semua wanita. Karena benjolan payudara dikenal dengan kanker. Padahal hal tersebut belum tentu benar. Perlu untuk anda ketahui, benjolan pada payudara tidak selalu disebut dengan kanker, Perlu untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah hal tersebut adalah kanker atau bukan. 

Penyebab Benjolan Pada Payudara Saat Menyusui

Penyebab Benjolan pada payudara saat menyusui sering disebut dengan mastitis, dimana mastitis ini merupakan kondisi adanya infeksi pada jaringan payudara yang menyakitkan, kulit memerah, Nyeri pada payudara yang dapat disertai dengan keluarnya nanah. 

Bukan hanya mastitis saja, penyebab benjolan pada payudara juga dapat disebabkan karena adanya tumor jinak, galaktokel, galaktokel merupakan kista yang berisi susu yang terjadi pada orang yang sedang hamil atau menyusui. Kista ini terbentuk dari cairan yang berasal dari kelenjar payudara. Meski tidak bersifat kanker, namun galaktokel harus tetap diwaspadai. Biasanya galaktokel akan tumbuh rata dan gampang untuk digerakan, Namun galaktokel juga dapat tumbuh dengan keras dan susah untuk digerakan namun tidak disertai dengan nyeri. 

Meski terdapat benjolan pada payudara saat menyususi, namun hal tersebut juga tetap harus menyusui pada bayi.  Hal tersebut dilakukan agar ASI tidak menggumpal. Jika terjadi penggumpalan ASI maka akan menyebabkan timbunya rasa nyeri payudara. 

Namun, anda juga perlu mewaspadai jika terdapat benjolan pada payudara seperti : 

  • Benjolan yang keras 
  • Benjolan yang tidak sakit 
  • Benjolan yang timbul umumnya menetap dan tidak bergerak 
  • Hanya terdapat satu benjolan 
  • Kulit payudara yang mencekung 
  • Hanya terdapat satu benjolan
  • Benjolan pada payudara yang disertai dengan pendarahan pada bagian puting. 

Jika anda mengalami kondisi tersebut, sebiknya segeralah melakukan pemeriksaan lebih lanjat untuk memastikan apakah kondisi tersebut dapat membahayakan tubuh dan memperparah kondisi benjolan pada payudara. Perlu untuk anda ingat,  kondisi tersebut juga tidak boleh disepelekan dan dibiarkan begitu saja. 

Sekian informasi yang dapat kami bagikan untuk anda mengenai Penyebab Benjolan Pada Payudara Saat Menyusui, semoga bermanfaat, Ddan jangan lupa untuk terus membaca artikel kesehatan kami. 

Terimakasih. 

One thought to “Penyebab Benjolan Payudara Saat Menyusui”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *