Benjolan Payudara Disebelah Kiri Disertai Rasa Sakit

Benjolan Payudara Disebelah Kiri – Benjolan pada payudara di sebelah kiri merupakan suatu keadaan yang patut untuk diwaspadai. Benjolan pada payudara bisa tumbuh pada payudara kanan atau bahkan kiri. Benjolan ini merupakan keluhan yang umum untuk di alami oleh wanita. Kebanyakan benjolan pada payudara merupakan kondisi yang tidak berbahaya, namun tetap harus di waspadai. Adapun penyebab benjolan pada payudara : 

  • FAM ( Fibroademo mamae ) 
    Merupakan benjolan yang disebabkan karena pembentukan kelenjar susu yang berlebih. Benjolan tersebut tidak menimbulkan munculnya rasa sakit. 
  • Perubahan Fibrokistik 
    Merupakan perupahan payudara yang diakibatkan karena perubahan hormonal yang terjadi selama menstruasi. 
  • Kista 
    Merupakan kantong berisi cairan kental. Biasanya kista ini dapat hilang dengan sendirinya. Namun, kista tersebut juga dapat tumbuh dengan ukuran yang besar dan menimbulkan rasa sakit. 
  • Lemak Nekrosis Traumatik 
    Trauma atau benturan pada payudara yang menimbulkan benjolan yang teraba bulat, padat dan tidak menimbulkan nyeri. Meski begitu, kondisi ini tetap harus ditangani dengan baik. 
  • Kanker Payudara 
    Jenis kanker yang banyak ditakuti oleh semua wanita. Kanker payuadar merupakan benjolan keras yang menimbulkan rasa nyeri. Benjolan tersebut biasanya tidak bisa digesar apabila ditekan. Kanker payudara yang sudah memasuki stadium lanjut, biasanya mengaalami gejala seperti puting payudara yang ke tarik di dalam, perubahan bentuk pada payudara, serta kulit mengerut seperti kulit jeruk. 

Informasi yang dibutuhkan : Benjolan Payudara Sebelah Kanan Tapi Tidak Terasa Nyeri

Benjolan Payudara Disebelah Kiri Disertai Rasa Sakit

Benjolan Payudara Disebelah Kiri

Apabila anda menemukan benjolan dipayudara kiri, tidak usah khawatir, karena benjolan yang terdapat pada payudara bukanlah disebabkan oleh kanker. Munculnya benjolan  payudara sakit apabila ditekan bisa saja disebabkan karena tumor jinak (FAM). Meski begitu, benjolan pada payudara juga tetap harus di perhatikan dan diwaspadai. Kemungkinan besar sewaktu-waktu benjolan tersebut dapat berubah menjadi tumor jinak yang ganas. 

Jika benjolan tersebut tidak kunjung hilang dengan sendirinya dan malah membesar dari waktu ke waktu, maka segeralah untuk memeriksakan lebih lanjut untuk menghindari terjadinya komplikasi atau kejadian buruk yang akan membahayakan kondisi tubuh. 

Demikianlah sekilas informasi mengenai Benjolan Payudara Disebelah Kiri Disertai Rasa Sakit, semoga informasi ini bisa menambah wawasan tentan benjolan pada payudara. 

Terimakasih 

One thought to “Benjolan Payudara Disebelah Kiri Disertai Rasa Sakit”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *